Sabtu, 27 Juli 2013

Resep Masakan Indonesia Daerah

Resep Masakan Indonesia | indonesia terletak didaerah tropis sehingga pola makanannya berbeda dengan daerah sub tropis. Daerah tropis udaranya sangat panas sehingga kalorinya sudah tercukupi dari makanan pookoknya yang berasal dari beras, jagung, sagu dan umbi-umbian. Kalori tidak perlu diambil dari lauk pauknya.

Sedangkan daerah sub tropis sangat dingin mereka menggunakan makanan pokok roti dan kentang padahal kedua bahan makanan tersebut kurang mengandung kalori sehingga kebutuhan kalori harus dihasilkan dari lemak yang terdapat dilauknya. Karena itu makanan eropa banyak mengunakan daging, mentega, susu, keju dan sebagainya.

Persediaan bahan makanan disuatu daerah tergantung pada musim dan iklim daerah tersebut. Pada musim kemarau, penghujan bahan makanan akan berbeda dengan musim kemarau.

Untuk mendapatkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan badan, keuangan memberikan peranan yang sangat penting. Bila keuangan memungkinkan kebutuhan makanan mudah untuk dipenuhi bagi mereka yang keuangannya terbatas terpaksa memilih makanan yang murah namun masih bisa memilih bahan makan yang bernilai gizi tinggi dengan memiliki pengetahuan tentang bahan makanan. Orang yang berpendidikan tinggi biasanya mengenal pengetahuan tentang gizi oleh sebab itu pola makanannya akan lebih bervariasi.

Adanya bermacam-macam pantangan yang mempengaruhi kebiasaan makan dengan akibat yang sangat merugikan. Misalnya dibeberapa daerah gadis-gadis atau wanita hamil tidak boleh makan papaya, pisang ambon dan nanas padahal buah buahan tersebut merupakan sumber vitamin dan mineral.

Beberapa contoh pola makanan daerah jawa barat (sunda), biasanya mempunyai cirri-ciri segar, mentah dan banyak menggunakan lalapan dan sambal contohnya ayam goreng bandung, karedok, lotek, semur jengkol, pepes ikan mas, udang kering dan lain-lain.

Pola makanan Jakarta hampir sama dengan daerah jawa barat yaitu asinan Jakarta, ketoprak, laksa, sayur asam Jakarta dan masih ada banyak lagi. Selanjutnya pola makanan daerah jawa tengah dan Yogyakarta contohnya yaitu gudeg, buntil, lostro dan lain sebagainya.

Beberapa resep daerah yaitu rawon Surabaya, masakan rawon ini berasal dari Surabaya atau daerah Surabaya terkenal dengan makanan rawon. Selanjutnya genseh atau nama makanan khas Madura, soto babat makanan tersebut berasal dari babat, pecel madiun makanan pecel berasal dari atau cirri khas dari madiun dan soto ayam berasal dari lamongan.

Beberapa contoh diatas adalah makanan yang berasal dari daerah yang berada di indonesia. Indonesia memiliki bermacam banyak resep masakan, bukan resep masakan daerah saja, resep masakan tradisional, resep masakan nusantara dan resep masakan indonesia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar