Jumat, 26 Juli 2013

Resep Masakan Indonesia Ikan Asap

Resep Masakan Indonesia | Ikan asap adalah ikan yang diasapi dengan asap hasil pembakaran kayu. Asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu mengandung senyawa – senyawa kimia yang dapat mengawetkan bahan khususnya makanan. Tidak semua jenis kayu yang bisa digunakan untuk pengasapan. Kayu yang dipilih adalah kayu yang memberikan aroma yang sedap. Pada bahan yang diasap tidak hanya ikan. Daging sapi dan daging ayam pun bisa juga diawetkan dengan diasap.

Cara pembuatann resep masakan indonesia yang satu ini adalah dengan menyiapkan bahan yaitu : ikan, garam, kayu atau tempurung kelapa, serabut kelapa. Pilihlah ikan yang masih segar, ikan yang sudah tidak segar akan memberikan rasa yang hambar dan bau yang amis. Jika tidak ada maka alternatif lainnya adalah menggunakan daging ayam.

Kayu atau tempurung kelapa dan serabut kelapa digunakan untuk mengasapi ikan, jumlah ikan sesuai dengan keinginan. Jumlah garam diperkirakan cukup untuk melumuri ikan dengan tebal 1,5 mm – 2 mm. setelah itu kita siapkan alat yaitu alat untuk pengasapan, kawat dan kasa, baskom, pisau, tampah.

Selain itu kita perlu persiapkan bahan pengemas yang dibutuhkan adalah kantong plastik. Jika ingin tampilan yang lebih menarik perlu menyiapkan bahan untuk kemasan sekunder. Bahan kemasan sekunder ini bisa menggunakan karton atau bahan lain sesuai dengan keinginan atau dengan cara masakan tradisional bisa juga menggunakan daun pisang.

Selanjutnya cara mengolah ikan asap yaitu ikan yang akan diasap harus dibersihkan dahulu bagian isi perut dan insang merupakan bagian yang banyak mengandung mikroba yang menyebabkan ikan mudah rusak. Sebelum diasap ikan dilumuri garam terlebih dahulu dan biarkan kurang lebih selama 1 jam, pemberian garam ini juga dimaksudkan untuk memberi rasa sedikit asin dan juga untuk pengawetan.

Setelah ditaburi garam ikan dibersihkan garamnya dengan tangan. Jika ikan besar dan tebal ikan perlu dibelah atau disayat tipis agar garam dan asap mudah masuk meresap kedalam daging. Ikan kemudian dianginkan sebentar dan ditata diatas anyaman kawat diatas bara api yang menghasilkan asap. Pada awalnya api jangan terlalu besar agar permukaan ikan menjadi kering dan tidak terlalu matang.

Setelah itu ikan diasapi selama kurang lebih 2 jam hingga matang lalu dijemur sampai kering. Ikan diasap diatas anyaman ikan dan perlu dibolak balikkan agar asap dan kekeringannya bisa merata.

Ikan asap tersebut sangat mudah dipraktekkan , ikan asap ini sangat lezat dan nikmat tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh karena banyak mengandung protein. Ikan asap ini merupakan asli resep masakan indonesia. Ikan asap ini sangat mudah untuk didapatkan, ikan yang diasap sangatlah harus benar-benar terpilih dan harus menggunakan ikan yang segar. begitu juga jika menggunakan daging ayam maka untuk membuat masakan ayam yang akan diasap tersebut harus benar-benar masih segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar